Jumat, 21 Januari 2011

UPAYA   MENINGKATKAN  MOTIVASI   BELAJAR   BIOLOGI  SISWA   KELAS   VIII A3 
 SMA  MUHAMMADIYAH  1  YOGYAKARTA  PADA  MATERI  SISTEM  PENCERNAAN   MANUSIA  DENGAN  MENGGUNAKAN  MACROMEDIA  FLASH
TAHUN  AJARAN 2010/2011

Oleh
Triyanto
06008006

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar biologi siswa kelas VIII A3 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta karena motivasi belajar siswa masih rendah. Hal ini dibuktikan pada saat proses belajar mengajar berlangsung siswa cenderung pasif, banyak terdiam dan lebih  konsentrasi dengan dunia  mereka sendiri, sebagian ada yang mengantuk dan bermain-main sendiri serta setiap diberikan kesempatan untuk bertanya kurang direspon dan tidak terlalu dimanfaatkan oleh siswa.  Selain itu guru juga belum mampu mengembangkan semangat dan motivasi belajar siswa sehingga perolehan hasil ulangan antara nilai tertinggi dan terendah tidak seimbang. Alternatif solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang terdiri dari 2 siklus tindakan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A3 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta pada tahun ajaran 2010/ 2011, berjumlah 36 siswa. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan test. Instrumen yang digunakan adalah  lembar observasi dan soal test berupa pilihan ganda. Data dianalisis secara deskriptif.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II melalui pembelajaran dengan menggunakan media Macromedia Flash pada  pembelajaran biologi  materi  Sistem Pencernaan pada Manusia  di kelas  VIII A3 SMA Muhammadiyah  1 Yogyakarta tahun ajaran 2010/ 2011.



Kata kunci: Motivasi belajar siswa, Macromedia Flash, Sistem Pencernaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar