Reason dan Breadbury, 2001 menjelaskan bahwa penelitian tindakan merupakan proses partisipatori, demokratis yang berkenaan dengan pengembangan pengetahuan praktis untuk mencapai tujuan-tujuan mulia manusia, berlandaskan pandangan dunia partisipatori yang muncul pada momentum histori saat ini.
Bogdan dan Biklen, 1982 dalam Burn (1999). menjabarkan bahwa penelitian tindakan adalah pengumpulan informasi yang sistematis yang di rancang untuk menghasilkan perubahan sosial.
Penelitian tindakan menurut Carr dan Kemmis (1996) merupakan suatu bentuk penelitian refleksif diri kolektif yang dilakukan oleh para pesertanya dalam situasi sosial untuk meningkatkan penalaran dan keadilan praktik pendidikan dan praktik sosial mereka serta pemahaman mereka terhadap praktik-praktik mereka dan terhadap situasi tempat praktik-praktik tersebut dilakukan.
Penelitian Tindakan Kelas mempunyai tiga unsur, yaitu Penelitian, Tindakan dan Kelas :
Penelitian : aktivitas mencermati suatu objek tertentu melalui metodologi ilmiah dengan mengumpulkan data-data dan dianalisis untuk menyelesaikan suatu masalah.
Tindakan : suatu aktivitas yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu yang berbentuk siklus kegiatan dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan suatu masalah dalam proses belajar.
Kelas : Sekelompok siswa yang dalam waktu yang lama menerima pelajaran yang sama dari seorang guru.
Penelitian Tindakan Kelas atau PTK merupakan bagian dari penelitian tindakan atau (Classroom action research) . Dari beberapa penjelasan diatas, dapat di simpulkan bahwa pengertian PTK ( Penelitian Tindakan Kelas) adalah penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar